El Clasico 2011

Partai pertama el clasico antara Barca vs Real Madrid, di kandang Real Madrid berakhir sangat memuaskan 1-3 untuk Barca, awalnya Real digadangkan, dijagokan karena belum terkalahkan sampai 15 partai, sedangkan Barca sedang biasa² saja performanya, tetapi saya sangat yakin kalau Barca akan mendominasi duel ini walaupun ada perasaan was-was juga melihat ketajaman masing² individual pemain Real, tetapi ini sepakbola, dibutuhkan kerjasama team dan itu adalah ciri khas Barca, coba bandingkan Messi dengan Christiano, Messi lebih menomorsatukan team dibanding membuat gol sendiri, Ronaldo lebih egois, terbukti!! Di laga ini Ronaldo menjadi pemain terburuk, banyak peluang yang tidak menghasilkan gol! Hampir semua penetrasi Ronaldo dipatahkan pemain belakang Barca, dan lagi-lagi, setelah pemain Barca merasa dapat menguasai pertandingan, Xavi, Iniesta dan Messi begitu nyaman dalam menguasai lapangan tengah, akhirnya tinggal menunggu datangnya gol!
Yang saya lihat kali ini, ada kemajuan dari Real, yaitu lebih dewasa, tidak terpancing panas dan menimbulkan permainan kasar, walaupun masih dilakukan pemain seperti Ramos, yang sering terang²an tekel keras terhadap Messi dkk. Juga Lass, saya sudah menduga pemain seperti ini, begitu kalah duel tidak ada cara lain selain tekel kasar! Makanya begitu Lass kartu kuning, Mourinho langsung mengganti pemain tersebut. Barca agak kurang manjanya di depan yang sering mencari belas kasihan wasit, seperti masih dilakukan sanchez!
Sekali lagi Real tidak bisa banyak bicara menghadapi Barca yang saya duga memang Real tidak cocok dengan permainan Barca, sehingga rekor 15 kali tidak terkalahkan tumbang oleh Barca dikandang sendiri, sungguh menyakitkan, seperti yang dikatakan Ramos, kalah di El Clasico lebih menyakitkan, sepanjang sejarah sepakbola spanyol, el clasico adalah duel antara Real Madrid dengan Barcelona!
Tetapi selalu ada alasan atau ngeles, apalagi buat seorang Mourinho yang temperamen dan mudah mengeksploitasi emosinya, dia Cuma berkata “el clasico tidak berarti apa² Cuma sebuah pertandingan!” Karena teamnya kalah, coba kalau menang, pasti nyanyiannya banyak, coba bandingkan dengan Pep, adakah komennya yang sombong??? “semoga Real Madrid cepat pulih dari kekalahan” itu sungguh bicara yang down to earth!
Maka memang pantas kalau sekali lagi Lionel Messi memenangkan Ballon D’or untuk yang ketiga kali berturut-turut, karena memang dia adalah teladan seorang pemimpin yang tidak sombong, walaupun segalanya dia bisa lebih dari seorang Christiano Ronaldo!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s