Bagaimana mengatasi cobaan hidup…???

Bersyukur

Cobaan itu pasti selalu dekat dengan mahluk Tuhan yang namanya manusia, karena itu manusia diturunkan ke dunia untuk dicoba, diuji ketahanan, fisik dan mental sebelum dipanggil Alloh.
“Mengapa cobaan itu selalu identik dengan kesusahan?”
Padahal seperti kita ketahui orang dapat rejeki melimpah juga adalah cobaan dari Alloh, tetapi karena itu bersifat kegembiraan, bersifat suka cita maka manusia tidak merasa bahwa hal tersebut juga cobaan, yaitu cobaan apakah kita mampu menggunakan dengan benar rizki yang dititipkan Alloh pada kita, Apakah kita akan menzakatkan untuk fakir miskin?
Apakah akan kita gunakan untuk hal yang bermanfaat?
Apakah akan kita gunakan untuk kebutuhan anak dan istri dan membantu sanak keluarga?
Apakah akan kita gunakan untuk membeli barang yang mubajir yang lebih tidak bermanfaat hanya karena nafsu pingin barang itu kita miliki padahal sekedar untuk pamer?
Apakah akan kita hambur-hamburkan untuk kesenangan sesaat toch rejeki ini mudah datangnya, kapan lagi kita bisa merasakan kenikmatan, mumpung punya rizki melimpah?
Kita tidak pungkiri hampir semua yang kita konsumsikan dari rizki yang kita dapat adalah untuk hal keduniawian, itu wajar, kita manusia hidup fana di dunia jadi butuh hal yang sifatnya temporer tetapi juga harus kita sisihkan untuk bekal akhirat walaupun prosentasinya tidak seberapa, tetapi harus, seperti harus kita amalkan untuk berbagi dengan anak yatim piatu, fakir miskin, pembangunan tempat ibadah, untuk kita tabung, kita tidak pernah tahu sehari kedepan kita butuh biaya besar mendadak diri kita atau keluarga terdekat kena musibah kecelakaan, sakit keras, anak butuh biaya masuk sekolah sd, smp bahkan biaya perguruan tinggi, kita tidak pernah tahu bahwa kedepan kita butuh biaya besar, mau kemana kita cari uang sebesar itu, jual barang, jual motor, pinjam sama saudara?? Serasa seperti orang susah sekali, mempermalukan harga diri, makanya bila diberi Rizki kita harus sisihkan seberapapun untuk menghadapi keadaan yang kita tidak sanggup untuk memenuhinya.
Kembali ke pokok bagaimana mengatasi masalah hidup?
Apapun keadaan yang kita alami, apapun modal hidup yang diberikan Alloh, kita harus jalani dengan benar, usaha sekemampuan kita selebihnya pasrahkan pada Alloh, selalu ingat pada Alloh, maka Alloh akan mengingat hambaNYA
Jangan pernah memaksakan keadaan, kita harus sesuai menempatkan sesuatu pada kondisi yang kita mampu, karena bila kita paksaan keadaan jadi tidak seimbang, akhirnya akan selalu ‘tutup lubang gali lubang’,semakin lama akan menjadi masalah baru yang kian besar dan tidak sanggup lagi kita hadapi, JANGAN SAMPAI BEGITU..!!! dan jangan pernah mencoba…!!! Sesal kemudian tidak ada guna. Seandainya terjadi juga, hadapi dengan tenang, terima keadaan, berani berbuat berani bertanggung jawab, dan selalu ingat bahwa Alloh tidak akan memberi kita beban yang kita tidak sanggup untuk memikulnya, selama beban itu datang berarti kita masih sanggup untuk memikulnya… selama kita jalani dengan ikhlas, berserah diri, niscaya semua kesusahan akan berlalu, ingat jangan lupa sholat 5 waktu, juga Dhuha maka Alloh akan bersama kita, amin.
by Tommy Sunaryo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s