SeatBelt : Seputar sabuk pengaman

SeatBelt

ADA sebagian sabuk yang aktif saat bagian pundak disentak keras, tapi ada juga yang tidak. Ini lataran dua sistem pengunci di sabuk pengaman: aktif dengan pergerakan sabuk dan aktif dengan pergerakan mobil.

Sistem pertama lazim dijumpai di mobil pada Umumnya. Saat pergerakan roller pelan, maka sabuk tidak mengunci. Tapi saat gerakannya cepat, maka pin pengunci akan aktif mengait.

Sistem kedua bekerja dengan pendulum. Saat mobil bergerak mu!us, maka pendulum relatif stabil. Namun ketika deselerasi tiba-tiba, pendulum akan bergerak dan mengait pengunci sabuk. “Tipe Ini bisa ditemui di Chevrolet Blazer” ucap Kukuh Kumara, Assistant Director Product Engineering General Motors Indonesia.

Teknologi lain juga terus dikembangkan dewasa ini. Seperti sistem Pre-Safe di Mercedez-Benz S-Class, yang mempererat sabuk saat sensor-sensor menangkap gejala bahaya. Atau load limiter, berupa jahitan di sabuk yang akan terbuka di beban tertentu dan menyediakan sabuk lebih panjang untuk mengurangi rasa sakit di tubuh saat aktif.

Sumber:
Majalah AutoBild

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s