Wawancara dengan Valentino Rossi 2010…


Apa yang anda kerjakan saat libur musim? berapa banyak latihan dan berapa banyak berlibur?
jika waktu saya sejak libur adalah 100, bisa dibilang 50-50 antara liburan dan latihan. saya pergi ke gunung dengan teman-teman dan bermain snowboard dengan mereka, yang mana itu adalah olah raga favorit musim dingin. Latihan saya masa liburan nusim adalah berbeda stardar daripada saat musim balapan. selain itu saya tidak pernah berhenti latihan, walaupun itu sangat sulit untuk memulai lagi tahun ini.

Persiapan apa yang anda lakukan untuk musim ini? Apakah penting bekerja pada kondisi tubuh anda saat ini?
Latihan menjadi hal yang sangat sangat penting, sebab motor MotoGP adalah sangat dan sangat sulit untuk dikendarai dan anda membutuhkan tenaga dan ketahanan selama 45 menit di balapan. Anda juga harus memulai musim baru dengan kondisi tubuh yang terbaik. di tempat kebugaran latihan berat tubuh saya dalam kondisi normal, tetapi saya coba untuk mengendarai motorcross atau supermotard di ‘Cava”, denga maksud agar tidak kehilangan filling pada pedal gas.

Di umur mendekati 31 tahun apakah anda pikir masih memadai sebagai pembalap atau anda pikir anda sedang mencoba mencapai puncak dari bakat anda?
Pada 16 Pebruari saya genap 31 tahun. saya akan sedikit tambah tua… saya selalu mencoba pada performa puncak saya, improvisasi dan mencoba beradaptasi dengan motor baru. Anda selalu membutuhkan adaptasi sendiri pada motor baru, pada aturan baru. Jika kamu merasa berada pada top peforma, itu adalah masalah besar! Setiap musim punya kisah sendiri, itu akan lebih dan semakin sulit dan anda harus lebih cepat. saya akan mencoba seperti biasa.

Siapa yang anda pikir yang akan mejadi lawan tangguh pada musim ini, Jorge, Casey, atau Dani, dan mengapa?
sangat sulit dikatakan siapa yang akan menjadi rival terberat tahun ini. saya pikir semua dari mereka di level yang sama, sangat sulit mengalahkan salah satu dari mereka. Mereka pembalap yang sangat kuat, mereka bisa cepat disemua lintasan balap dan semua kondisi dan dalam menghadapi seluruh musim mereka pastas menjadi juara. Motor tahun 2010 ada beberapa perbedaan, tetapi saya pikir ketiga pembalap ini akan sangat sulit saya kalahkan.

Bukan rahasia lagi kalau anda tidak begitu senang tentang peraturan pembatasan jumlah mesin yang boleh digunakan dalam satu musim Bagaimana anda merubahnya, jika anda mampu?
Aturan ini tidak fastastik pada MotoGP. Itu bisa membuat hidup orang sangat sulit. Buat saya ini tidak benar bahwa MotoGP hanya punya enam mesin untuk seluruh musim, itu terlalu sedikit. Tujuan peraturan adalah untuk menghemat uang, tetapi saya pikir setidaknya mesin itu ada delapan, sepuluh mempermudah dan kurang dari itu beresiko. Semua pabrik akan beradaptasi pada peraturan baru dan semua pembalap harus hati-hati, dengan aturan menghemat mesin dan mengembangkannya sampai akhir musim cuma dengan 6 mesin.

Tahun kemarin anda melakukan beberapa kesalahan kemudian kami melihat apa yang anda perbuat untuk memperbaiki. Anda pikir ini anda lakukan karena tekanan dari rival anda atau apa?
Tekanan rival selalu sangat tinggi, setiap tahun. di 2009 saya melakukan 3 kesalahan selama balapan, yang mana itu terlalu banyak, setidaknya yang dua agak berbeda, sebab karena hujan dan saya memakai ban slick. di Indianapolis, saya mengalami kecelakaan yang buruk dan saya menghindarinya. di tahun 2010 kami mencoba untuk tetap konsentrasi sebaik mungkin dan coba menghidari kesalahan.

Pengembangan apa yang ada berikan secara pribadi untuk M1 di musim ini?
Dalam rangka untuk mengembangkan M1 2010 kami memutuskan untuk fokus pada dua aspek : kami mengembangkan sasis, yang saya test di Valencia. kami berusaha membuat motor stabil dengan grip yang lebih. yang kedua adalah yang sangat penting yaitu mesin. Kami butuh mesin lebih bertenaga, dikarenakan dengan aturan baru jumlah mesin pada musim ini. Kami membutuhkan mesin lebih bertenaga dan tahan lama. Ini adalah hal tidak mudah bagi Yamaha, tapi saya tahu untuk itu mereka bekerja sangat keras.

Apa pendapat anda tentang Ben Spies? Anda pikir dia dapat mengganggu ‘the big four’ sekarang ini, banyak orang mengatakan ya dia bisa?
Ada banyak espektasi tentang Ben Spies. saya pikir Spies adalah pembalap yang bagus dan juga bakat yang bagus. ini bukan masalah dia juara dunia bertahan Superbike! Dia pasti akan sangat kompetitif, dia mempunyai potensi yang bagus, dia cepat dan berani, tapi tentu saya berharap kami akan lebih cepat dari dia, sebab empat pembalap kuat ini sudah sangat siap disegala situasi…

Apa yang anda pikir tentang berita mesin 1000cc kembali untuk dua musim ini? apakah prospek yang sangat menarik yang membuat anda komit tetap pada MotoGP untuk lebih lama?
Secara teori, saya sangat gembira kembali ke 1000cc, sebab saya suka mesin lebih dari 800cc dan itu sangat menyenangkan. Tentu kami akan melihat bagaimana aturan tehnikal akan mesin ini dan kami akan melihat apakah akan cepat dan menyenangkan seperti tahun 2006. selain itu, kembali ke mesin 1000cc adalah tantangan yang penting, sejauh motivasi saya untuk komit, dan membuat saya nyaman untuk tetap ada di MotoGP lebih lama.

Melihat hasil test anda di Ferrari F1, orang bertanya sekali lagi apakah anda akan pindah ke F1. apa yang anda katakan tentang ini, dan apa harapan anda pada apa yang akan dilakukan Ferrari tahun ini?
saya dapat kesempatan mengendarai mobil F1 Ferrari di Barcelona. Itu luar biasa, saya merasa senang dan itu adalah test yang sangat baik, dengan waktu lap yang baik, tetapi saya pikir akan sangat sulit melihat saya membalap di formula one.

Apa pendapat anda tentang kembalinya Schumacher ke F1?
sesuatu pilihan yang menarik. sangat menyenangkan melihat Michael di mobil F1 lagi dan melihat dia apakah masih sekencang dulu sebelum dia berhenti dari F1.

Apakah yang Scumacher lakukan akan berdampak seperti yang akan anda lakukan sendiri, contohnya meninggalkan MotoGp beberapa tahun dan kemudian kembali?
saya tidak tahu. itu pertanyaan sulit. Banyak olah ragawan besar seperti Michael Jordan berhenti dan kembali seperti yang kita tahu, sangat sulit untuk dikatakan.

Apa yang kamu harapkan untuk membuat keputusan masa depan anda?
sanagat sulit dikatakan, lagipula sejak musim summer mendatang saya akan mengesampingkan ide saya tentang masa depan, tentang 2011 dan 2012. saya sangat cocok di Yamaha, maka pertama saya akan bicara pada mereka dan kemudian kita lihat.

Bisa anda kasih gambaran apa yang anda rencanakan?
saya bilang pada anda saya sedang membangun rumah baru. selain itu, saya tidak tahu, saya belum memutuskan apa-apa.

Leave a Reply

