Rumah Putih tidak membosankan…

RUMAHberwarna serbaputih? Wah,terdengar membosankan.Tapi,tunggu dulu.Sebelum Anda menjatuhkan kesimpulan tersebut,coba baca dulu artikel berikut.

Memang kebanyakan orang akan berpikir bahwa rumah serbawarna putih akan terlihat membosankan. Apa sih enaknya punya rumah yang semuanya berwarna putih? Bukankah lebih keren kalau rumah itu berwarna-warni? Jangan salah! Sekarang rumah serbawarna putih sudah mulai populer di kalangan dunia properti. Awalnya memang rumah ini hadir di lingkungan perumahan mewah terlebih dahulu. Tapi, kini lingkungan perumahan biasa pun mulai “ikut-ikutan” terbawa tren tersebut. “Masalahnya rumah yang serbawarna putih ternyata bisa membuat rumah jadi terlihat seperti rumah mahal,” ujar arsitek Andi Haryadi.

Aksen putih bisa didapat secara keseluruhan atau hanya sebagian. Rumah dengan aksen putih sebagian misalnya rumah yang dinding-dindingnya bercat putih, namun kusen jendela, pintu, serta kayu furnitur masih berwarna aslinya, yaitu cokelat. Sedangkan rumah dengan aksen putih keseluruhan yaitu jika dinding-dinding rumah tersebut,kusen jendela,kusen pintu,daun pintu,furnitur,bahkan sampai hiasannya berwarna serbaputih. “Walaupun dinding dicat warna putih,tapi bukan berarti Anda tidak bisa melakukan permainan warna.

Warna putih juga banyak gradasinya seperti off white, soft white, bright white, ivory, yellow white, grey white, cream, beige, dan masih banyak lagi,”sebut Andi. Sekilas warna-warna tersebut memang terlihat mirip.Tapi, jika sudah disejajarkan baru terlihat sedikit perbedaannya. Gradasi warna putih terlihat lebih halus dan lembut dibandingkan warna lain. Seperti warna biru,misalnya. Gradasi biru tua dan biru muda tentu lebih terlihat jelas dibandingkan warna off whitedan soft white. Salah satu yang penting dalam mendesain rumah warna putih adalah bagaimana Anda membuat teksturnya. Tekstur bisa didapat dengan permainan cat dinding.

Coba Anda beri ruang tamu Anda warna bright white agar terkesan luas dan terang.Namun,pada ruang selanjutnya beri warna soft whiteatau beigeagar terlihat lebih lembut. Supaya jendela juga mengikuti tema serbaputih, jangan lupa mengecat kusen jendela Anda berwarna putih.Tapi,agar warna putih kusen jendela tidak tenggelam dengan warna putih dinding, tambahkan high-gloss white, yaitu semacam vernis agar kusen jendela jadi lebih mengkilat. Dengan begitu, walaupun dinding dan jendela sama-sama berwarna putih, tapi masih terlihat batasnya.

Jika seluruh furnitur Anda terbuat dari kayu, Anda bisa mengecatnya dengan warna putih, lalu melapisnya dengan vernis highglosswhite supaya lebih mengkilat. Jika dinding-dindingnya sudah berwarna putih, akan lebih lengkap lagi jika keramik lantainya juga berwarna putih. “Dinding, lantai, serta langitlangit rumah yang serbaberwarna putih akan membuat rumah jadi terkesan luas dan lega.Seperti efek cermin, cermin kan bisa membuat pantulan gambar sehingga memberi kesan ruangan jadi terlihat lega. Nah, warna putih juga bisa memberikan efek lega itu dibandingkan warna lain,” papar Andi. Jadi,Anda tidak usah takut bereksperimen dengan rumah serbawarna putih.

Agar rumah terlihat lebih elegan, pilih atap rumah dengan warna-warna agak gelap seperti merah marun, hijau tua, biru tua, atau cokelat tua. Walaupun pemilihan warna genteng tua, tapi karena rumahnya putih, nanti dengan sendirinya warna genteng akan terlihat menonjol. (raya simarmata)

Advertisements

One comment on “Rumah Putih tidak membosankan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s