Setelah Kontroversi Terry, Pantaskah Ferdinand Jadi Kapten Inggris?

Pantaskah Rio Ferdinand menggantikan John Terry sebagai kapten timnas Inggris?

Oleh Agung Harsya

6 Feb 2010 11:38:00

Rio Ferdinand - England (PA)

Rio Ferdinand – England (PA)

Hal-Hal Terkait

Tim

Pemain

Tak mau ambil resiko dan membiarkan kontroversi berlarut-larut, Fabio Capello memutuskan untuk mencopot John Terry sebagai kapten timnas Inggris akibat skandal yang melibatkan mantan kekasih Wayne Bridge.

Sebagai penunjuk, Capello mengangkat wakil kapten Rio Ferdinand untuk memimpin pasukan The Three Lions saat Piala Dunia 2010 menanti.

Apakah ini pilihan yang tepat?

Beberapa pendapat pro mengatakan:

  • Karir Ferdinand terus menjulang bersama Manchester United. Empat gelar Liga Primer Inggris dan satu gelar di Liga Champions dicicipinya bersama United. Berkat itu pula, Ferdinand tampil tiga kali beruntun dalam Team of the Year.
  • Di lini belakang, Ferdinand dikenal kerap memberi komando kepada rekan-rekannya. Pemain berusia 31 tahun ini sudah pantas jadi panutan bagi seluruh anggota skuad.
  • Di skuad timnas, Ferdinand merupakan sosok yang dihormati. Ferdinand dipercaya menjabat sebagai kapten kedua setelah Terry ditunjuk menggantikan David Beckham sebagai skipper, 2006 lalu. Awal 2008, Ferdinand dipercaya Capello menjadi kapten pada pertandingan melawan Prancis. Ferdinand tampil baik, meski Inggris kalah 1-0.

Tak kurang pula pendapat kontra yang mengatakan:

  • Tampil 40 partai semusim membuat Ferdinand kerap didera cedera. Masalah tersebut membuatnya absen bermain beberapa pekan lalu. Pemain yang sudah memperkuat Inggris dalam tiga Piala Dunia terakhir ini bahkan terancam absen di Afrika Selatan jika kembali diserang cedera.
  • Beberapa fans sebenarnya menyangsikan kemampuan Ferdinand karena beberapa kali membuat blunder fatal, salah satunya adalah dalam pertandingan eksebisi melawan Belanda. Kesalahan tersebut tentu tak boleh dilakukan seorang kapten.
  • Ferdinand juga bukan sosok sempurna. Masalah minuman keras, gagal tes doping, dan perilaku tak menyenangkan kerap membuat Ferdinand tampil di halaman muka surat kabar. Meski demikian, harus diingat Ferdinand aktif dalam kegiatan amal di wilayah asalnya, Peckham.
Advertisements

3 comments on “Setelah Kontroversi Terry, Pantaskah Ferdinand Jadi Kapten Inggris?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s